Gambaran Umum Pustaka Unbrah

Perpustakaan Pusat Unbrah merupakan unit pelaksana teknis (UPT) yang bersama-sama dengan unit lain melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui menghimpun, memilih, mengolah, merawat serta melayankan sumber informasi (Koleksi) kepada lembaga induk khususnya dan masyarakat akademis pada umumnya.

Dengan menempati sebuah Ruangan dengan luas area kurang lebih 320 meter persegi sejak Februari 1994, dalam kurun 4 tahun ini  sudah banyak perubahan yang telah dicapai oleh Perpustakaan Unbrah. Perhatian yang cukup serius dari pimpinan Unbrah dan semangat kerja yang tinggi dari tenaga pengelola, mampu mengantarkan Perpustakaan Unbrah yang dahulunya Perpustakaan yang pengelolaan bahan pustakanya secara konvensional sekarang telah berubah menjadi perpustakaan yang pengelolaan bahan pustakanya secara terautomasi, yaitu perpustakaan yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan perpustakaan, beberapa perubahan tersebut meliputi : (1). Penelususran Koleksi yang telah dilakukan secara Online Public Akses Katalog (OPAC), telah terpasang di Website Universitas Baiturrahmah (www.ubrah.ac.id) menu e-kampus (2). Semua Koleksi yang ada di Perpustakaan telah dipasangkan akses barcode sehingga aktifitas layanan Peminjaman dan pengembalian Koleksinya sudah melalui scan Barcode, (3) semua aktifitas dan informasi terbaru Perpustakaan telah dapat dibaca dan diketahui oleh civitas akademika Unbrah melalui laman website perpustakaan.

Penerapan teknologi informasi di perpustakaan saat ini sudah menjadi ukuran untuk mengetahui tingkat kemajuan dari perpustakaan tersebut, bukan lagi pada besarnya gedung, banyaknya rak, atau berjubel penggunanya. Penerapan teknologi informasi di perpustakaan merupakan wujud dari suatu perubahan layanan. Perubahan ini mendorong perpustakaan untuk melakukan modernisasi layanan dan menerapkan TI dalam aktivitasnya keseharian.

Terbukti dengan semakin banyaknya perubahan yang terjadi dalam rangka memajukan diri. Beberapa perubahan tersebut dilirik oleh Instansi lain untuk menempatkan mahasiswanya untuk mengaplikasikan dan belajar sistem penggelolaan perpustakaan terautomasi di Perpustakaan Universitas Baiturrahmah hal ini ditandai dengan Surat permohonan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Universitas Negeri Padang (UNP) maupun dari IAIN Imam Bonjol Padang yang masuk hampir tiap tahun. Dan juga permintaan kerjasama  (MOU) antar Perpustakaan perguruan Tinggi di Sumatera Barat.

Demikian juga dengan sistem sentralisasi yang telah berubah ke sistem desentralisasi. Perpustakaan Unbrah yang dulu hanya satu-satunya perpustakaan di lingkungan Unbrah, saat ini dengan beberapa perpustakaan fakultas dan perpustakaan unit penunjang yang lain semakin banyak memiliki peluang untuk mengembangkan diri secara lebih baik dan optimal, dalam rangka mewujudkan perpustakaan online yang mampu mengikuti perkembangan informasi di dunia informasi, khususnya dalam dunia pendidikan.

Sesuai dengan arah perkembangan perpustakaan yang tidak lagi ke arah fisik bangunan tetapi lebih ke arah perluasan akses informasi global yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, maka pada Juni 2014 Perpustakaan dilingkungan UNBRAH secara resmi telah TERPASANG ke website Universitas. Dengan konsep Perpustakaan Tanpa Dinding (Library Without Walls) serta diawali dengan terbentuknya jaringan antar Perpustakaan fakultas di Lingkungan UNBRAH Perpustakaan mulai menyediakan layanan akses penelusuran Online bagi penggunanya dan mulai mengembangkan layanan online. seperti layanan penelusuran keanggotaan, layanan referensi, pengusulan buku baru, dsb. Dengan motto barunya “Melayani dan Menjawab Kebutuhan Informasi Anda”  Perpustakaan UNBRAH tidak hanya berperan sebagai pelayan informasi saja, tetapi ikut membentuk masyarakat belajar dengan menjadi pendamping proses belajar dan mitra profesional bagi masyarakat akademis dan praktisi.

Perpustakaan saat ini melayani lebih dari 2.500 mahasiswa dan 300 dosen dan Karyawan Universitas Baiturrahmah, Perpustakaan menyimpan lebih dari 2.000 judul atau 8.000 eksemplar bahan pustaka tercetak,. Sebahagian besar koleksi tersebut adalah teks book kesehatan. Selain itu, Perpustakaan juga melanggan surat kabar dan memiliki koleksi elektronik yang terdiri dari jurnal dan bahan-bahan elektronik. Jumlah e-journal yang  tersedia lebih dari 500 judul dalam berbagai disiplin ilmu yang diperlukan terutama oleh para dosen dan mahasiswa. Jenis koleksi tersebut tersedia dalam bentuk software dan  database yg di disediakan oleh perpustakaan.  dalam hal pemenuhan dan kesiagaan kebutuhan informasi sivitas akademika, saat ini Perpustakaan universitas Baiturrahmah juga telah berlangganan jurnal eletronik database Ebscho dan juga memanfaatkan e-Resources dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Journal elektronik dari Kopertis Wilayah X dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta telah  bekerjasama dengan perpustakaan Universitas Negeri Padang (UNP), Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Barat  dan beberapa STIKES yg ada di Sumatera Barat.

Koleksi tercetak dikelompokkan dengan sistem Dewey Decimal Classification (DDC) Edisi 20 (dua puluh) dan DDC elektronik edisi 23, Semua aktifitas layanan dan kegiatan di UPT. perpustakaan berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah dikeluarkan oleh perpustakaan sehingga semua kinerja perpustakaan berjalan sesuai dengan standar yang telah dikeluarkan.